MAKALAH
KOMPUTER
DAN JARINGAN KOMPUTER
Diajukan
untuk memenuhi tugas Mandiri mata kuliah Aplikasi Komputer Bisnis
Disusun oleh :
Sri Nurul Mulyanah (1128020076)
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012-2013
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan
kenikmatan, petunjuk, dan kekuatan kepada saya untuk menyelesaikan makalah ini.
Salawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada uswah wal qadwa Rasulullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, para
sahabatnya. Tabi’in, dan pengikut
setia risalahnya hingga akhir zaman.
Dalam
makalah ini, saya memaparkan mengenai “Komputer dan Jaringan Kompuer”. Saya mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengarahkan dan membimbing
selama penyusunan makalah ini dan kepada dosen dari mata kuliah Aplikasi
Komputer Bisnis yang telah berjasa mencurahkan ilmu kepada saya dan rekan –
rekan seperjuangan.
Saya
menyadari makalah ini masih memerlukan saran dan masukan dari para pembaca yang
telah membaca makalah ini untuk penyempurnaan makalah ini. Harapannya mudah –
mudahan semua informasi yang ada dalam makalah ini bermanfaat bagi semua pihak,
terlebih bagi mereka yang ingin mengkaji dan mengembangkan lebih jauh lagi
mengenai masalahnya.
Bandung, 01 Juni 2013
Penyusun,
Sri Nurul Mulyanah
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR
ISI........................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang................................................................................................ 1
B. Rumusan
Masalah.......................................................................................... 2
C. Tujuan............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Komputer................................................................................ 3
B. Pengertian
Jaringan Komputer.................................................................. 13
BAB
III PENUTUP
Kesimpulan............................................................................................................ 23
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................................... 24
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Perkembangan
komputer dari masa ke masa salalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer
bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati
pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk
mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung
matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus
berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan
penelitian.
Oleh karena itu,
kata dasar komputer berasal dari kata “compute” yang berarti
menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama
kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematikanya
yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin.
Ø Definisi Jaringan Komputer
Sebuah
jaringan komputer memungkinkan seorang user berkomunikasi dengan user lain
dalam jaringan yang sama dengan mengirimkan data melalui media yang menghubungkan keduanya. Sebuah jaringan komputer terdiri dari 2
atau lebih perangkat (seperti workstation, printer, atau server) yang terhubung
bersama dengan tujuan untuk berbagi pakai informasi, resource, atau keduanya.
Saat
teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah
berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih
banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang
diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Hubungan Komputer Dengan Jaringan Komputer!
Hubungan antara komputer dan
jaringan komputer, jaringan kamputer sangat membuthkan peralatan dalam
komputer, agar bisa menjalankan aplikasi jaringan komputer. Komputer juga
sangat memerlukan jaringan komputer, agar kopmputer bisa tersambungan ke
jaringan sosial dan bisa berrgabung ke seluruh indonesia dan manca negara.
Apakah
Jaringan Komputer (Computer Networking), Hubungan antara dua atau lebih piranti komputer
dan/atau asesoris komputasi lainnya untuk berbagi data, mesin cetak (printer),
perangkat penyimpanan (storage), koneksi internet, dan lain-lain
2. Rumusan masalah
1.
Sebutkan dan jelaskan pengertian
komputer?
2.
Sebutkan dan jelaskan pengertian
jaringan komputer?
3.
Bagaimanakah hubungan antara
komuter dan jaringan komputer?
3. Tujuan masalah
1.
Untuk mengetahui pengertian
komputer
2.
Untuk mengetahui pengertian
jaringan komputer?
3.
Untuk mengetahui hubungan antara
komuter dan jaringan komputer?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
KOMPUER
a. Pengertian
Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang
yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika
Dalam arti
seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan
seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau
"sistem pengolah informasi."
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
Kata computer
secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang
pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain
salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu,
berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat
dikatakan sebagai komputer.
b.
Jenis Komputer
Sekalipun
demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa
memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer
modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat
menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar,
semua komputer dapat mengemulasi sifat apa
pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang
berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat
perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih
lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna
karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa
yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke
dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal.
Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang
pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di
seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih
banyak detail periode ini.
c.
Komputer benam
Pada sekitar
20 tahun yang lalu , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam
rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit
elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas
(dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung
di dalam chip ROM yang akan
perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya
secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau
"komputer benam" (embedded computer).
Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang
maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari
sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai
maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
d.
Komputer pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC)
adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya
sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya
orang-orang tertentu saja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk
menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
e.
Bagaimana komputer bekerja
Saat
teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah
berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih
banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang
diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann
menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, "bus"
f.
Memori
Di sistem
ini, memori adalah
urutan byte yang
dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"),
masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi
perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin
berisi data yang
diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi
salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi
perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum,
memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada
buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah
sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam
pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke
tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik
terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit
terpadu dengan jutaan transistor di atas
satu chip silikon.
g.
Pemrosesan
Unit
Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan
untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya
bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan
berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan
instruksi yang saling terkait.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic
Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti
pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan
logis (AND, OR, NOT), dan
pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk
kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan
perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk
melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori
yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program
komputer.
h.
Masukan dan hasil
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai
macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke
yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera
web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah)
informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh
sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian
ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
i.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas
bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah
sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa
yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat
tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat
akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah
berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer
sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya.
Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui
sebagai bahasa mesin komputer.
Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara
langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang
kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program
komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman
berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa
tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan
pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin
(bahasa tingkat tinggi)
j.
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam
satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang
kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah
ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama, mereka
mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari
komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah
dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah
berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
k.
Program
Program komputer adalah
daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di
dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari
perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum
(pada tahun 2003) bisa
melakukan sekitar 2-3 miliar perintah
dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat
kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan
perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram. "Programmer
Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia
kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya
melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada
kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah
beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.
Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice).
Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah
rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
l.
Sistem operasi
Sistem operasi ialah
semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer
dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program komputer, setelah
bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya memindahkannya ke dalam sistem
operasi.
Sistem
operasi, menentukan program mana yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang
mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti kode yang membolehkan
pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail
dari semua alat elektronik yang terhubung pada komputer.
m.
Penggunaan komputer
Komputer
digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk
pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan
perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer
awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk
persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat
jika bom hidrogen akan
bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945
sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch,
memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer
pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu
proyek pembangkitan Hidroelektrik besar.
Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya
komputer elektronik digital yang
pertama, Colossus, dibuat
selama Perang Dunia II. Akan
tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan
main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang
di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan
banyak koleksi data dan
mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia. misalnya, memelihara
dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di
berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan
harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil.
Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer
kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka
utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi
diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan
penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi
mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk
menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain
berulang matematika dengan lembatang sebar,
berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun,
ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai
untuk banyak maksud lain.
Sekaligus,
komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai menemukan cara mereka
ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan
perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai
kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang
lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil).
Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk
angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping
komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
n.
Bagian-bagian komputer
Komputer
terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat
keras (hardware).
a.
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
b.
Perangkat lunak
Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas
sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output,
pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Merupakan
aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
c.
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
d.
Jenis komputer
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
- Minikomputer
- Mainframe computer
- Superkomputer
B.
JARINGAN
KOMPUER
a. Pengertian Jaraingan Komputer
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang
terdiri atas komputer-komputer
yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi
(surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari
jaringan komputer adalah. agar dapat
mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan
memberikan layanan (service).[1]
Dua buah
komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian
dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai
medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk
sebuah jaringan komputer yang sederhana: Apabila ingin membuat jaringan
komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan
seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai
peralatan interkoneksinya.
Ø Dasar Jaringan
·
Pengenalan
Jaringan Komputer
·
Jenis Jaringan
·
Menambah Network
Interface Card (NIC)
·
Komponen Sebuah
Jaringan
·
Arsitektur LAN
·
TCP/IP
·
Pengkabelan
(Cabling)
Ø Layanan File, Printer,
dan Applikasi
·
Jaringan
komputer memungkinkan sharing printer, file, scanner, internet.
·
server berfungsi
sebagai pusat penyimpanan file dimana file tersebut dapat di akses dan
di-sharing ke seluruh jaringan oleh banyak user
Ø internet
Internet
adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan
jaringan untuk dapat berkomunikasi
melalui “web”.
Fungsi Internet
seperti fasilitas pada jalan raya yang menghubungkan daerah satu dengan daerah
lain baik personal, organisasi,institusi.
Ø Network Administrator
Tugas seorang
network administrator adalah untuk merawat dan memelihara terhadap kerusakan
dan perubahan kondisi.
Tanggung jawab
Network administrator
·
Setting jaringan
·
Memantau
performansi jaringan
·
Memperbaiki
kerusakan jaringan
Ø Jenis-jenis
jaringan
1.
Overview
·
Baik dalam teknologi local-area network (LAN) maupun
wide-area network (WAN), banyak komputer
terhubung satu dengan lainnya untuk melayani user.
·
Dalam hal
pelayanan servis, masing-masing komputer dapat mempunyai fungsi atau peranan
yang berbeda.
·
Dalam beberapa
aplikasi membutuhkan beberapa komputer
yang berfungsi sebagai partner untuk menyelesaikan suatu tugas.Sedangkan
tipe aplikasi yang lain, ada satu komputer dijadikan server untuk melayani
komputer-komputer lain.
2.
Jaringan
Peer-to-Peer
-
Kedudukan
masing-masing komputer dalam jaringan adalah sama.
-
Setiap komputer
dapat berlaku sebagai Klien atau Server.
3. Local-Area Network (LAN)
-
local-area
network (LAN) dapat menghubungkan banyak komputer dalam daerah yang terbatas
seperti rumah, kantor, sekolah.
-
Memungkinkan
user untuk sharing koneksi Internet, printer.
4. Wide-Area Network (WAN)
-
WAN, adalah
jaringan komputer yang berada pada kawasan yang lebih luas (lebih luas daripada
LAN).
-
Interkoneksi
pada WAN menggunakan metode point-to-point (p2p) atau point to multipoint
(p2mp), dan jalur komunikasi serial (modem).
-
Point-to-point
hanya menghubungkan 2 lokasi. Point-to-multipoint menghubungkan satu lokasi
dengan banyak lokasi lainnya.
5. Wide-Area Network (WAN)
-
Koneksi yang
terjadi pada jalur WAN dapat bersifat
temporer maupun permanen.
-
Telephone atau
dial up, termasuk koneksi temporer
-
Baik temporer
maupun permanen, komputer membutuhkan perangkat seperti modem, radio wireless
untuk menghubungkan ke WAN.
6.
Perangkat
Jaringan
Jaringan Komputer
Optimalisasi Jaringan Rumah dan/atau Kantor Untuk
Berbagi Data dan Koneksi Internet
Fungsi
Jaringan Komputer
·
Berbagi data
·
Berbagi koneksi
internet
·
Berbagi printer,
perangkat penyimpanan, atau asesoris lainnya
·
Memainkan
permainan yang mendukung konsep jaringan
·
Lain-lain
Tipe
Jaringan
·
LAN (Local Are
Network)
·
WAN (Wide Area
Network)
·
MAN
(Metropolitan Area Network)
·
CAN (Campus Area
Netwok)
Media Yang
Digunakan Dalam Jaringan Komputer
·
Kabel (Wired
Network)
·
Gelombang Radio
(Wireless Network)
·
Campuran (Hybrid
Network)
Jaringan Dengan Kabel (Wired Network)
·
Seluruh
perangkat dalam jaringan dihubungkan dengan kabel
·
Koneksi relatif
lebih stabil
·
Relatif lebih
sulit dilakukan bila bangunan memiliki ruangan terpisah, atau menghubungkan dua
bangunan yang terpisah
Jaringan Dengan
Kabel (Wired Network) Kabel
yang bisa digunakan:
·
Kabel data
·
Kabel Listrik
·
Kabel Telepon
b.
Sejarah jaringan Komputer
Sejarah
jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang
digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada
mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer
yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak
membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing),
sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah
antrian.
Kemudian
ditahun 1950-an ketika
jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka
sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal),
untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal
dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama
kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem
TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat
lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputerDalam proses
TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang
sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research
Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan
riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk
jaringan organik pada tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan
nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah
lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka
bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970 itu juga
setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar
mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed
Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan
sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal
yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses
distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena
selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib
melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Time Sharing System (TSS)
Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun
yang lalu untuk ARPANET. Program
tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer. Pada
tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan
komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan
komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn
mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran International Network (Internet). Ide ini
dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari
bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika
Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar
Establishment di Malvern. Setahun
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
membentuk sebuah jaringan atau network.
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama
yang diberi nama USENET (User
Network) pada tahun 1979. Tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru
dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di
mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.
Seiring
dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah
protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu,
pada tahun 1982 dibentuk
sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau
lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang
kita kenal hingga saat ini. Sementara itu, di Eropa muncul
sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET)
yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia.] Jaringan EUNET ini
menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET. Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system,
yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan
jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan
komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang
berkebangsaan Finlandia menemukan
sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang
memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara
langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun
kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer
membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah,
ketika Tim Berners Lee merancang
sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang
satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang
disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.
Komputer
yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada
tahun 1992. Dan pada
tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah). Dan pada tahun 1994,
situs-situs di internet telah
tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja
melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di
situs. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan,
yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
c.
Klasifikasi
Klasifikasi jaringan komputer
terbagi menjadi :
1.
Berdasarkan geografisnya, jaringan
komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan
wilayah lokal]] merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau
tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali
digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu
perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer)
dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan
merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas
puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi
yang digunakan adalah kabel serat optik (Fiber
Optic). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan
antar benua. Jaraknya
bisa mencakup seluruh dunia, misalnya
jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan
yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media
transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi
banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar
negara.
2.
Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi
Jaringan Klien-server (Client-server)
dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer).
Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server)
dari komputer lainnya yang sebagai klien (client).
Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke
komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila
komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari
satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server,
print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja
konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien
baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk),
maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu
ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer
dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula
harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini
biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak,
maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer
terlalu banyak.
4.
Berdasarkan distribusi sumber
informasi/data
·
Jaringan terpusat
Jaringan ini
terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana
komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang
berasal dari satu komputer peladen.
·
Jaringan terdistribusi
Merupakan
perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling
berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
5.
Berdasarkan media transmisi data
Pada
jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan
penghubung berupa kabel jaringan.
Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar
komputer jaringan.
Merupakan
jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada
jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena
menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi
antar komputer jaringan.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Komputer dan jaringan komputer
sangat bermanfaat bagi kita semua yang memerlukan agar kita tidak ketinggalan
informasi dan tidak ketinggalan zaman, sangat bermanfaat bagi kita sebagai
mahasiswa yang sering menggunakan komputer dan jaringan komputer sebagai alat
untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang diberikan oleh dosen atau yang sering
disebut dengan tugas. Membutuhkan Komputer pada masa dahulu umumnya digunakan
untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer
awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk
persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat
jika bom hidrogen akan
bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945
sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch,
memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer
pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu
proyek pembangkitan Hidroelektrik besar.
Jaringan komputer adalah sebuah
kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu
kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel
sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen
dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software
yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang
terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat
memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
DAFTAR
PUSTAKA
http:/komputer.jaringankomputer.com
Yuhefizar, Sejarah
Komputer, IlmuKomputer.com
Prihanto, Harry, Membangun Jaringan Komputer, IlmuKomputer.com
http://fadel05.tripod.com/network/jaringan.html
[1]Pihak yang
meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang
memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). ]Desain ini
disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar